Inilah 5 Tokoh Muslim Indonesia yang Paling Ditakuti Amerika Serikat ?

Artikel Terbaru Lainnya :



Amerika serikat merupakan negara adidaya yang selalu protektif kepada orang-orang yang menjadi ancaman bagi negaranya. Orang-orang yang ditakuti biasanya memiliki pengaruh besar mengancam ekonomi, politik dan militer mereka. Beberapa nama yang ditakuti dan akhirnya bisa disingkirkan, berdasarkan list yang beredar diantaranya Adolf Hitler, Che Guevara, Saddam Hussain, Ossama Bin Ladden dan lain-lain.

Kini muncul nama-nama baru yang dianggap lebih mendominasi dibanding pemimpin negeri Pamansam tersebut.

Menurut survey majalah Forbes 2014, Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi pemimpin dunia yang ditakuti dibanding Barack Obama yang menempati posisi kedua. Tidak hanya Rusia, ternyata beberapa nama orang Indonesia dahulunya juga pernah dianggap membahayakan dan menjadi ancaman Amerika Serikat. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.


1. Ir. Soekarno


Sosok Ir Soekarno memang begitu ditakuti oleh Amerika Serikat. Sikap tegasnya dalam berpolitik membuat Amerika begitu takut dengan sosok yang satu ini. Ketegasannya terlihat ketika Ia memilih untuk menjadi negara nonblok dan tidak menjadi sekutu Amerika Serikat maupun Uni Soviet. Yang lebih berani lagi, Ia memutuskan Indonesia untuk keluar dari Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 7 Januari 1965 karena menganggap PBB hanya menjadi boneka penguasa dunia. Bung Karno mengatakan Indonesia berterima kasih atas segala bantuan dari pihak asing karena mempercepat kemerdekaan, namun secara tegas tidak rela seujung jari pun kemerdekaannya ditukar dengan bantuan asing.



Amerika Serikat bahkan mempersiapkan operasi untuk melengserkan kepermimpinan sang putra fajar. Hal ini diketahui dari dokumen yang pilot Allen Lawrence Pope yang tertangkap setelah menembak pesawat Indonesia. Dalam dokumen tersebut terkuak bahwa Allen Pope terkait dengan operasi CIA. Yaitu menyusup di gerakan pemberontakan di Indonesia untuk menggulingkan Soekarno.


2. Moch Hatta



Meski menjadi orang kedua di Indonesia, namun nama Moch Hatta tidak bisa dipandang sebelah mata. Bapak Koperasi Indonesia ini berpengaruh besar terhadap kebijakan-kebijakan yang diambil oleh Ir. Soekarno selaku Presiden Indonesia kala itu. Beliau adalah tokoh dibalik kesuksesan Soekarno memimpin Bangsa Indonesia. Ia secara terang-terangan menolak adanya dominasi AS di tanah pertiwi. Walaupun pada akhirnya pandangannya dengan Ir Soekarno tidak sejalan lagi, namun Moch Hatta tetap masuk daftar orang yang paling disegani dunia kala itu.


3. Soeharto


Satu lagi sosok yang ditakuti oleh Amerika Serikat. Soeharto, meski banyak dokumen yang menyatakan banyaknya bantuan Amerika Serikat kepadanya, tidak bisa dipungkiri bahwa Amerika juga takut terhadap sosok yang satu ini. Seperti diketahui bahwa pada masa kepemimpinannya Indonesia mempunyai struktur kenegaraan yang sangat baik, kekuatan Indonesia kala itu merata di segala bidang, mulai dari Ekonomi, Politik, Militer indonesia termasuk negara yang sangat kuat dan paling seimbang.

Dominasi Soeharto ini membuat Amerika memikirkan cara untuk melenyapkan presiden yang mendapat julukan bapak pembangunan yang satu ini, barulah pada tahun1998 amerika dapat meruntuhkan Soeharto dengan jebakan lilitan hutang dan krisis ekonomi ditambah lagi dengan usianya yang sudah tua membuat ia dapat dilengserkan dari kepemimpinannya sebagai President indonesia setelah 32 tahun menjabat.


4. Prabowo Subianto


Meski belum pernah memimpin negeri ini nama Prabowo Subiyanto ditakuti oleh Amerika Serikat. Bagaimana tidak, Ia secara tegas menyatakan bahwa jika berhasil duduk menjadi presiden RI maka Indonesia tidak akan erkompromi dengan asing jika hal ini merugikan kedaulatan dan kekayaan bangsa Indonesia. Penentangannya terhadap ekonomi Liberal kapitalis secara terang-terangan dan ingin mengamankan kekayaan Indonesia membuat Amerika was-was dan sangat ketakutan.



Menurut Pakar politik Indonesia dari Northwestern University Jeffrey Winters, potensi menangnya calon Prabowo Subianto menyiratkan sensitivitas bagi pemerintahan Barack Obama. Sensitivitas itu muncul karena ada hubungan yang sangat erat antara militer AS dan militer Indonesia di masa pelanggaran HAM oleh militer Indonesia. Meski Prabowo gagal dalam Pilpres 2014, namun Prabowo masih menjandi pusat perhatian Amerika Serikat di Indonesia.


5. Ust. Abu Bakar Ba'asyir


Nama Ust. Abu bakar ba'syir juga termasuk dalam daftar orang-orang Indonesia yang paling berbahaya dan sangat ditakuti Amerika. Ia dianggap memiliki pemikiran dalam upaya penegakan Khilafah Islamiyah yang runtuh dijaman turki Ustmani, dan seperti yang kita ketahui dominasi barat terhadap dunia baru seumur jagung yaitu setelah runtuhnya pemerintahan islam global Dinasti Ustmani pada awal tahun 1.900, setelah hancurnya ustmani menjadikan negara-negara islam terpecah belah dan terpetak-petak, Ustadz abu memiliki pengikut di berbagai penjuru indonesia bahkan dunia.

Upaya Amerika dalam melenyapkan ustd Abu akhirnya berhasil setelah sekian lama gagal dengan menuduh tanpa bukti bahwa Abu bakar baasyir ikut terlibat dalam latihan militer yang dilakukan di Aceh, kini sang ustadz mendekam dipenjara nusakambangan bersama orang-orang sepemahaman dengannya.

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
Back to Top