"Sri Lanka Menyerahkan Pelabuhan ke China Untuk Melunasi Utang"

Artikel Terbaru Lainnya :



  Ayo  Jalan Terus !  - Sri Lanka menyerahkan pelabuhan ke China untuk melunasi utang.

Pelabuhan Hambantota diserahkan ke Beijing dengan sewa 99 tahun karena Sri Lanka tidak dapat membayar kembali pinjaman Cina yang dikeluarkan untuk membangun pelabuhan di tempat pertama.

Sri Lanka secara resmi menyerahkan kendali atas pelabuhan strategis di pantai selatannya ke China sebagai bagian dari perjanjian sewa 99 tahun.

Di bawah kesepakatan US $ 1,1 miliar yang ditentang oleh oposisi politik Sri Lanka dan serikat pekerja, "perusahaan-perusahaan Cina kini memegang 70 persen saham di pelabuhan Hambantota".

Pelabuhan $ 1,3 miliar dibangun dengan pinjaman dari bank milik negara Cina dan dibuka pada tahun 2010. Tetapi pemerintah Sri Lanka telah berjuang untuk membayar utang, dengan proyek menimbulkan kerugian besar. Seiring dengan pinjaman yang diambil untuk proyek pembangunan infrastruktur lainnya, Sri Lanka sekarang berhutang total kepada China sebesar US$ 8 milyar.

"Dengan perjanjian [pelabuhan Hambantota] kami telah mulai membayar kembali pinjaman," kata Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe dalam upacara serah terima di parlemen pada hari Sabtu. "Hambantota akan dikonversi menjadi pelabuhan utama di Samudra Hindia".

Dia menambahkan bahwa langkah itu akan mengarah pada pembangunan ekonomi dan mempromosikan pariwisata. Hambantota berada di salah satu rute laut tersibuk di dunia, dengan banyak perdagangan timur-barat melewati jalur laut Samudera Hindia, tetapi sebagian besar kapal melewatinya dan menuju pelabuhan yang sudah mapan di Kolombo, ibukota Sri Lanka.

Perusahaan-perusahaan China, di bawah perusahaan China Merchants Port Holdings yang dikendalikan pemerintah, sekarang memegang saham mayoritas di pelabuhan sebagai bagian dari usaha patungan dengan Otoritas Pelabuhan Sri Lanka yang dikelola negara. Perjanjian sewa, yang ditandatangani pada bulan Juli, juga termasuk konsesi pajak yang luas untuk pelabuhan dan keringanan pajak 32 tahun untuk perusahaan-perusahaan Cina. Untuk bagiannya, Cina telah membayar Sri Lanka sejumlah awal $ 300 juta, dengan pembayaran lebih lanjut akan datang, meskipun tepat ketika tidak jelas.

Reaksi internasional terhadap serah terima pelabuhan telah difokuskan pada ambisi geopolitik China yang meningkat,
sementara penduduk lokal telah menyuarakan kekhawatiran hilangnya kedaulatan Sri Lanka. Ketika perjanjian ditandatangani pada bulan Juli, anggota parlemen lokal Namal Rajapaksa men-twit: "Pemerintah bermain geopolitik dengan aset nasional? #Stopselling SL"

Juga di Twitter, Brahma Chellaney, seorang penulis India dan analis politik, menggambarkan kesepakatan itu sebagai "diplomasi utang-utang", mengatakan pinjaman Cina sering diberikan sebagai pertukaran untuk aset fisik penting secara strategis yang dapat "dijamin".

Untuk Beijing, pengambilalihan Hambantota adalah bagian dari proyek 'One Belt, One Road' (OBOR) jangka panjang.

Link: https://www.thenational.ae/world/asia/sri-lanka-hands-over-port-to-china-to-pay-off-debt-1.684606

China mengambil alih pelabuhan di Sri Lanka selama 99 tahun karena tidak sanggup bayar. Strategi China yang begitu mudah ditebak.

Malaysia dibawah kepemimpinan baru PM Mahathir Mohamad sudah membatalkan proyek-proyek yang dibiayai dari utang China.

[21/8/2018]
PM Malaysia Batalkan Proyek-Proyek yang Didanai China
https://www.voaindonesia.com/a/pm-malaysia-batalkan-proyek-proyek-yang-didanai-china/4537527.html

Bagaimana dengan pemerintah Indonesia?

[30 Agustus 2018]
Temui Jokowi, Bank China Tawari Utang US$ 1M
https://ekonomi.inilah.com/read/detail/2477144/temui-jokowi-bank-china-tawari-utang-us-1m




Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Ayo Jalan Terus! -  Suarakan Fakta dan Kebenaran ! 



Back to Top