Mari Belajar Optimisme dari Nabi Yaqub AS

Artikel Terbaru Lainnya :


Belajar Optimisme dari Nabi Yaqub AS



 Kehilangan anak adalah prahara bagi orangtua. Inilah derita dialami oleh Nabi Yaqub. Derita itu diperparah dengan pengkhianatan anak-anaknya sendiri, hingga matanya memutih karena banyak menangis.

Tapi Nabi Yaqub bukanlah seorang yang pesimis. Walau matanya buta karena tangisan, beliau tetaplah optimis dan selalu berharap bisa bertemu kembali dengan Yusuf, putra tercintanya.

Optimisme Nabi Yaqub terlihat jelas dalam kata-katanya yang diabadikan di dalam Al-Quran. Di hari pertama beliau mendapat kabar hilangnya Yusuf, beliau hanya berkata,

--

"Maka hanya bersabar itulah yang terbaik (bagiku). Dan kepada Allah saja memohon pertolongan-Nya terhadap apa yang kamu ceritakan." (Yusuf 18)

Setelah waktu lama berselang, ketika Nabi Yaqub harus melepaskan Benyamin, putranya yang baik bersama saudara-saudaranya yang pernah mencelakai Yusuf, beliau hanya berkata,

--

"Maka Allah adalah Penjaga yang terbaik dan Dia Maha Penyayang di antara para penyayang." (Yusuf 64).

Sungguh berat bagi Nabi Yaqub untuk mempercayakan Benyamin kepada saudara-saudaranya. Namun beliau dengan penuh harapan menyerahkan segala urusan kepada Allah dan bertawakkal kepadanya.

--

"Allah adalah Saksi terhadap apa yang kita ucapkan." (Yusuf 66)

Dan ketika saudara-saudara Yusuf kembali pulang tanpa membawa Benyamin karena ia sedang tertahan oleh penguasa Mesir, orang tua yang telah kehilangan dua anaknya ini masih tetap optimis dan berkata,

--

"Maka (kesabaranku) adalah kesabaran yang baik. Mudah-mudahan Allah Mendatangkan mereka semuanya kepadaku." (Yusuf 83).

Harapan Nabi Yaqub tak pernah padam, hampir 30 tahun beliau menanti pertemuan dengan Yusuf tapi tak mampu terwujud. Setelah melewati waktu yang begitu panjang ini, beliau tetap optimis dan berharap dengan mengirim anak-anaknya untuk mencari tahu tentang keberadaan Yusuf dan saudaranya, Benyamin.

--

"Wahai anak-anakku! Pergilah kamu, carilah (berita) tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir." (Yusuf 87)

Sungguh Allah Maha Pengasih dan Penyayang. Berkat kesabaran, harapan dan rasa optimis yang tinggi, Nabi Yaqub akhirnya dapat bertemu dengan putra yang selama ini ia rindukan. Begitu manis buah dari kesabaran beliau.

Tapi coba perhatikan, harapan dan optimisme dari Nabi Yaqub bukan harapan kosong tanpa dasar. Rasa optimis itu dibangun dengan keyakinan kepada Allah swt.Nabi Yaqub begitu yakin bahwa Allah akan menolong hamba-Nya,()

"Dan kepada Allah saja memohon pertolongan-Nya"

Beliau yakin bahwa tidak ada yang lebih Pengasih dan bisa menjaga seorang hamba melebihi Allah swt,

"Maka Allah adalah Penjaga yang terbaik dan Dia Maha Penyayang di antara para penyayang."

Beliau tidak pernah berputus asa kepada rahmat Allah dan memasrahkan segala urusannya kepada Sang Pencipta.



"Allah adalah Saksi terhadap apa yang kita ucapkan."



"Mudah-mudahan Allah Mendatangkan mereka semuanya kepadaku."



"Carilah (berita) tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah."



Karena itu, ketika putra-putra Yaqub sudah bosan melihat kesedihan ayahnya yang tak kunjung mereda dan hanya akan membinasakan dirinya, Nabi Yaqub hanya menjawab,

--

"Dia (Yaqub) menjawab, "Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku. Dan aku mengetahui dari Allah apa yang tidak kamu ketahui." (Yusuf 86)

Hari ini kita belajar tentang cara membangun optimisme dari Nabi Yaqub. Optimis yang dibangun dengan hanya mengandalkan Allah, Dzat yang Maha Mampu serta Maha Penyayang. Sementara berharap kepada manusia hanya akan menyebabkan penyesalan dan kekecewaan. Karena manusia adalah makhluk yang serba kurang.

Tetaplah optimistis,wahai orang-orang yang beriman karena tidak ada yang putus asa kecuali orang-orang yang kafir.[ ]





Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Ayo Jalan Terus! -  Suarakan Fakta dan Kebenaran ! 



Back to Top